Selasa, 22 September 2015

ULASAN MENGENAI SISTEM INFORMASI

ULASAN MENGENAI SISTEM INFORMASI (SI)
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi




  • PENGERTIAN SISTEM INFORMASI (SI)







Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.
Ada yang membuat perbedaan yang jelas antara sistem informasi, dan komputer sistem TIK, dan proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi dalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK. Hal ini terutama berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem informasi juga berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis.
Alter berpendapat untuk sistem informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja adalah suatu sistem di mana manusia dan/atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/atau jasa bagi pelanggan. Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan) informasi.
Dengan demikian, sistem informasi antar-berhubungan dengan sistem data di satu sisi dan sistem aktivitas di sisi lain. Sistem informasi adalah suatu bentuk komunikasi sistem di mana data yang mewakili dan diproses sebagai bentuk dari memori sosial. Sistem informasi juga dapat dianggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan.


  • KOMPONEN SISTEM INFORMASI



Dalam suatu sistem informasi terdapat komponen-komponen seperti:
  • Perangkat keras (hardware): mencakup peranti-peranti fisik seperti komputer dan printer.
  • Perangkat lunak (software) atau program: sekumpulan instruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data.
  • Prosedur: sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan pembangkitan keluaran yang dikehedaki.
  • Orang: semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan, dan penggunaan keluaran sistem infor­masi.
  • Basis data (database): sekumpulan tabel, hubungan, dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan data.
  • Jaringan komputer dan komunikasi data: sistem penghubung yang memungkinkan sesumber (resources) dipakai secara bersama atau diakses oleh sejumlah pemakai.
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
Input Device (Unit Masukan)
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan
  • Keyboard
  • Mouse
  • Touchpad
  • Light Pen
  • Joystick
Process Device (Unit Pemrosesan)
Otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan (Process Device). Unit pemrosesan ini dinamakan CPU (Central Processing Unit). Fungsi CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Pada komputer mikro unit pemrosesan ini disebut dengan micro-processor (pemroses mikro) atau processor yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan sampai jutaan IC.
  • Power Supply (PSU)
  • Random Access Memory (RAM)
  • Kartu Grafis (VGA)

  • Prosesor


  • Motherboard



Output Device (Unit Keluaran)

Output device merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Hasil pemrosesan tersebut dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol, khusus), image (dalam bentik grafis atau gambar), suara, dan bentuk lainnya yang dapat dibaca oleh mesin (manchine-readable from). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terkahir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer
  • Monitor


  • Printer

  • Speaker





Backing Storage (Unit Penyimpanan)

Storage atau biasa juga disebut memory adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung data dan program. Dapat juga dikatakan sebagai Electronic Filing Cabinet pada sistem komputer. Penyimpanan cadangan merupakan penyimapanan semua informasi non aktif didalam komputer. Ada dua jenis utama alat penyimpanan cadangan yaitu: Serial Accsess, Contohnya tape drive, dan Direct Access, Contoh disk magnetis, yaitu harddisk, floppy disk (diskette) yang ini sudah jarang sekali dipakai saat ini, CD/DVD ROM,
  • Tape Drive,

  • Magnetic Tape.
  • Harddisk (HDD)



Periferal (Unit Tambahan)

Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing
  • Modem
  • Sound Card (Kartu Suara)
  • Optical Disc Drive
  • Uninterruptable Power Supply (UPS)



  • DATA DAN INFORMASI
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.
Data bisa merupakan jam kerja bagi karyawan perusahaan. Data ini kemudian perlu diproses dan diubah menjadi informasi.
Informasi adalah hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.

  • PERBEDAAN DATA DAN INFORMASI

Penting untuk Anda ketahui, data dan informasi merupakan 2 hal yang sangat berbeda. Baik pengertian ataupun penggunaannya, data dan informasi memiliki perbedaan yang sangat berbeda. Data adalah sesuatu yang masih bersifat mentah, di mana data masih berupa sesuatu yang tidak memiliki arti untuk penerimanya. Oleh sebab itu, dibutuhkannya pengolahan data hingga menjadi informasi yang siap disajikan. Dengan begitu, penerima dapat mengerti arti dari informasi yang telah diterima. Dari pernyataan tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa data merupakan sesuatu yang akan diolah menjadi informasi. Tanpa pengolahan, data yang disajikan tidak akan memiliki arti untuk para penerimanya. Sedangkan informasi sendiri merupakan hasil pengolahan data, informasi memiliki arti yang dapat dipahami oleh penerimanya. Tanpa adanya data, maka tidak akan ada informasi yang dapat disajikan. Untuk datanya sendiri dapat berupa gambar, angka, suara, keadaan, bahasa, huruf, simbol dan lain sebagainya. Data adalah sesuatu yang tidak bernilai jika tidak diolah dan informasi memiliki nilai dari hasil pengolahan data. Secara garis besar, data dan informasi memiliki keterikatan yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas sehingga tidak boleh dianggap sama. Contohnya, dalam setiap sistem informasi akan diawali dengan data kemudian diakhiri dengan informasi. Informasi sendiri memiliki nilai yang sangat berharga yang dibutuhkan oleh penerima. Namun, tanpa data ataupun tanpa pengolahan data yang tepat maka informasi yang bernilai tidak akan pernah ada. Informasi dan data bukanlah hal yang sama dan tidak bisa disamakan.

kami mengucapkan terimakasih atas kesediaan anda membaca blog ini........

                                   RDcollection....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar